W A N D I A, NIM. 08 01 01 01 110 (2012) PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMPN 2 MAWASANGKA KABUPATEN BUTON. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
1 KAFER SKRIPSI.docx Download (177kB) |
|
Text
2 PERNYATAAN KEASLIAN SIKRIPSI.docx Download (15kB) |
|
Text
3 PENGESAHAN SIKRIPSI.docx Download (120kB) |
|
Text
4 HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx Download (114kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR SIKRIPSI.docx Download (27kB) |
|
Text
6 ABSTRAK SIKRIPSI.docx Download (32kB) |
|
Text
7 DAFTAR TABEL.docx Download (22kB) |
|
Text
8 DAFTAR ISI SIKRIPSI.docx Download (41kB) |
|
Text
9. BAB I .docx Download (40kB) |
|
Text
10 BAB II Baru - Copy.docx Download (81kB) |
|
Text
11BAB III PROPOSAL.docx Download (56kB) |
|
Text
12 BAB IV.docx Download (102kB) |
|
Text
13 BAB V.docx Download (24kB) |
|
Text
14 D. PUSTAKA.docx Download (31kB) |
|
Text
15 BUTIR SOAL.docx Download (35kB) |
Abstract
ABSTRAK WANDIA, NIM. 08 010101 110. Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islan Siswa Di SMPN 2 Mawasangka Kabupaten Buton. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Melalui Bimbingan Dr. Abdul Kadir, M.Pd. dan Ir. Hj. Ety Nur Inah, M.Si. Sikripsi ini membahas tentang pengaruh metode demonstrasi terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa di SMPN 2 Mawasangka Kabupaten Buton. Fakta penelitian di temukan prestasi belajar pada bidang studi pendidikan agama islam belum secara maksimal. Permasalahanya terdapat dalam proses pembelajaran di SMPN 2 Mawasangka diduga merupakan salah satu faktor penyebabnnya. Oleh karena itu Penulis tertarik untuk melakukan sebuah penelitian ini terkait dengan pengaruh metode demonstrasi terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa di SMPN 2 Mawasangka Kabupaten Buton. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan metode demonstrasi berpengaruh langsung terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa di SMPN 2 Mawasangka Kabupaten Buton”. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa di SMPN 2 Mawasangka Kabupaten Buton. Jenis penelitian ini bersifat ex-postfacto. Adapun analisis data adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 16. Penelitian ini adalah kelas VII dan kelas VIII yang berjumlah 34 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode demonstrasi siswa di SMPN 2 Mawasangka berada pada kategori baik, berdasarkan kategorisasi rata-rata perolehan angket siswa sebesar 74.75%. Prestasi belajar pendidikan agama islam siswa di SMPN 2 Mawasangka berada pada kategori cukup, berdasarkan kategorisasi rata-rata 76.56%. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan metode demonstrasi terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa di SMPN 2 Mawasangka Kabupaten Buton. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil penelitian, berdasarkan perhitungan ternyata diperoleh Fhitung lebih besar dari Ftabel atau 8,578 ≥ 4.15 Maka tolak Ho artinya signifikan, dan rhitung 0,457 sedangkan rtabel = 0,339. Dengan demikian rhitung lebih besar dari rtabel atau 0,457 ≥ 0,339. Dan besarnya sumbangan (kontribusi variabel X terhadap Y) sebesar 20,1% dan sisanya sebesar 79,9% ditentukan oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Demonstrasi, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islan |
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Sabania Mariona |
Date Deposited: | 01 Nov 2017 08:06 |
Last Modified: | 01 Nov 2017 08:06 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/565 |
Actions (login required)
View Item |